PERANAN STAF DALAM ORGANISASI
Dalam dunia organisasi atau perkerjaan kita sudah seringkali mendengar kata staf. Menurut kamus besar bahasa indonesia, staf mempunyai arti yaitu administrasi sekelompok orang yang bekerja sama membantu seorang ketua dalam mengelola sesuatu. Jadi setiap organisasi atau perusahaan, mempunyai seorang pimpinan yang dibantu oleh para stafnya untuk mengapai tujuan bersama.
Adapun beberapa fungsi staf dalam organisasi mau perusahaan:
- Dengan makin berkembangnya perusahaan kekompleksan fungsi yang perlu untuk pelaksanaan tugas berkembang lebih cepat sehingga manajemen perlu bantuan melalui spesialisasi yang disebut staf.
- Penciptaan fungsi staf atau fungsi sekunder ini dengan mendiferensiasikan kegiatan ke luar dari rantai komando.
- Fungsi staf membantu dan memperlancar kerja fungsi garis.
- Agar fungsi staf bermanfaat harus jelas fungsinya, dibatasi jumlahnya, tugas pimpinan memang meningkat, staf diberi informasi yang diperlukan, dimintai nasihat, didorong berinisiatif.
Dan pada dasarnya staf dapat dibedakan menjadi dua macam:
I. Staf Penasehat
Dibentuk untuk memberikan saran, bantuan, dan jasa kepada seorang manajer. Staf penasihat juga memberikan saran-saran kepada pimpinan terhadap semua bidang yang menjadi tugas dan tanggung jawab pimpinan. Apabila diperlukan Manajer dapat menunjuk atau mengangkat staf penasihat dalam bidang perencanaan, pengorganisasian, pemberian motivasi, pengawasan, dan pengambilan keputusan.
Agar saran-saran yang diberikan kepada pimpinan merupakan saran yang sudah matang, obyektif dan telah diuji serta diteliti kebenarannya, maka saran-saran itu harus digarap melalui suatu proses. Proses pemberian saran tersebut melalui kegiatan sebagai berikut :
Agar saran-saran yang diberikan kepada pimpinan merupakan saran yang sudah matang, obyektif dan telah diuji serta diteliti kebenarannya, maka saran-saran itu harus digarap melalui suatu proses. Proses pemberian saran tersebut melalui kegiatan sebagai berikut :
· Pengumpulan data dapat dilakukan dengan mengadakan penelitian atau riset.
· Mengadakan analisis fakta-fakta, informasi-informasi yang diterima.
· Mengadakan evaluasi atau penilaian.
· Membuat berbagai alternatif atau kemungkinan.
· Mengadakan pemilihan dari berbagai kemungkinan yang dianggap paling baik.
· Membuat kesimpulan.
· Merumuskan saran-saran atau pertimbangan-pertimbangan dalam suatu bentuk tertentu sehingga mudah dan cepat dipahami oleh pimpinan.
II. Staf Pelayanan
Yaitu membantu pimpinan dalam melancarkan tugas-tugas organisasi, dalam memberikan pelayanan untuk seluruh lini dan unsur organisasi. Fungsi utama staf pelayanan adalah memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya dalam bentuk kegiatan-kegiatan operasional, bukan memberikan saran atau pertimbangan.
Dari beberapa argumentasi di atas dapat kita simpulkan bahwa peranan staf dalam organisasi atau perusahaan itu sangat penting dan kinerja staf terhadap pimpinan sangat berpengaruh dengan keberhasilan sebuah organisasi atau perusahaan.
No comments:
Post a Comment