Thursday, July 18, 2013

tugas softskill 3


Mengapa fungsi komunikasi bahasa disebut fungsi dasar? Mengapa pula disebut fungsi utama?
                                          
Menjawab pertanyaan ini sebenarnya gampang-gampang susah, fungsi komunikasi disebut fungsi dasar dikarenakan karena bahasa adalah cara dasar kita berkomunikasi dengan orang lain, cara kita berekspresi mengungkapkan gambaran, maksud, gagasan dan penggambaran.

Sedangkan disebut fungsi utama karena bahasa adalah sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan informasi. Namun perlu diketahui juga bahwa fungsi bahasa pada dasarnya lebih dari sekedar alat untuk menyampaikan informasi, atau mengutarakan pikiran, perasaan atau gagasan. Bahasa mempunyai fungsi yang lebih luas lagi.



Sebutkan tiga contoh alat komunikasi sosial yang bukan bahasa, dan jelaskan fungsinya!


  • Bedug ----- adalah alat musik tabuh seperti gendang. Bedugmerupakan instrumen musik tradisional yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu, yang memiliki fungsi sebagai alat komunikasi tradisional, baik dalam kegiatan ritual keagamaan maupun politik. Di Indonesia, sebuah bedug biasadibunyikan untuk pemberitahuan mengenai waktu salat.
  • Lonceng ----- pada umumnya terbuat darilogam namun lonceng-lonceng kecil dapat pula terbuat dari keramik atau porselen.Dahulu lonceng digunakan untuk mengabarkan suatu berita kepada masyrakat dansebagai penanda waktu.
  • Kentongan ----- pada masa kerajaan, kentongan digunakan untuk menyampaikan pesan dan perintah dari sang raja kepada rakyatnya. Petugas kerajaan cukup memukul kentongan dan dalam beberapa saat kemudian rakyat bergegas kumpul di tempat yang sudah biasa digunakan untuk  pertemuan antara raja dengan rakyatnya untuk menyampaikan informasi.Meskipun saat ini teknologi sudah semakin canggih, namun sebagian masyarakat tidak  bisa meninggalkan media komunikasi tradisional ini khususnya di daerah pedesaan yang digunakan sebagai sarana ronda malam.



Bahasa Indonesia mempunyai empat jenis definisi, yaitu definisi nominal, formal, operasional, dan luas. Jelaskan 4 jenis definisi tersebut dan tuangkan jawabannya dalam sebuah teks dengan topik Teknologi Informasi atau yang terkait dengan bidang studi kalian.
Tulisan dibuat secara singkat dan jelas!


Definisi Nominal

Definisi ini biasa digunakan dalam kamus. Dalam definisi ini suatu kata dibatasi dengan kata lain yang merupakan sinonimnya (padanan), lalu dengan terjemahannya atau menunjukkan asal katanya (etimologi), atau dengan asal-usul sebuah kata.

  • Keyboard adalah papan ketik untuk menginput data ke komputer.
  • Alat penjelajah internet disebut browser.
  • Programmer adalah orang yang mampu membuat program/perangkat lunaknya shg dapat menjalankan perangkat kerasnya/hardware.
  • Pengembang ialah developer.


Definisi Formal

Disebut juga definisi terminologis, yaitu definisi yang disusun berdasarkan logika formal yang terdiri tiga unsur. Ketiga unsur tersebut harus tapak dalam definiens. Struktur formal diawali dengan klasifiksi, diikuti dengan menentukan kata yang akan dijadikan definiendum, dilanjutkan dengan menyebutkan genus, dan diakhiri dengan menyebutkan kata-kata atau deskripsi pembeda. Pembeda harus lengkap dan menyeluruh sehingga benar-benar menunjukan pengertian yang sangat khas dan membedakan pengertian dari kelas lain.
  • Download : adalah proses pengambilan atau transfer file dari sebuah situs web internet ke media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user.
  • E-Commerce (Electronic Commerce) adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan perdagangan atau transaksi perbankan elektronis di internet, baik Business to Business E-Commerce maupun Business to Costumer E-Commerce.
  • Login : otorisasi yang dilakukan oleh seorang user dengan memasukkan username dan password di dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).


Definisi Operasional

Batasan pengetian yang dijadikan pedoman untuk melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan, misalnya penelitian. Oleh karena itu, definisi ini disebut juga definisi kerja karena dijadikan pedoman untuk melakasanakan sustu penelitian atau pekerjaan terntentu. Definis ini disebut juga definisi subjecktif karena disusun berdasarkan keinginan orang yang akan melakukan pekerjaan.

Ciri-ciri definisi operasional :
  •  Mengacu pada target pekerjaan yang hendak dicapai.
  • Berisi pembatasan konsep, tempat dan waktu
  • Serta bersifat aksi, tindakan, atau pelaksanaan suatu kegiatan.


Contoh :

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui indeks prestasi kumulatif terhadap kecerdasan mahasiswa Jurusan Sistem Informasi Uiversitas Gunadarma angkatan 2010. Universitas Gunadarma menunjukan komitmennya dengan terselenggaranya Lomba USB untuk ke 3 kalinya, yang dimaksudkan untuk mengetahui tingkatt pemahaman bahasa pemrograman serta kreatifitas mahasiswa dalam membuat sesuatu hal. Prestasi mahasiswa adalah indeks prestasi kumulatif yang diperoleh sejak awal kuliah sampai degan akhir perkuliahan.


Definisi Luas

Definisi ini merupakan uraian panjang lebar, bisa satu paragraph, satu bab, atau bisa meliputi seluruh karangan. Definisi ini diperlukan bila kita berhadapan dengan suatu konsep yang amat rumit, yang tidak bisa dijelaskan dengan kalimat yang pendek.

Contoh :

Aplikasi yang kita gunakan seperti ms. Office, game, mp3 adalah sebuah aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.




 Bacalah surat kabar dan majalah.
Cari dan temukan paragraf argumentasi yang deduktif dan induktif!


DEDUKTIF

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan budaya. Contohnya di pulau Sumatra yang terdiri dari suku batak, suku minang, suku aceh, suku melayu dan lain-lain yang masing-masing memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Bukannya hanya di pulau Sumatra saja, bahkan di pulau Jawa, Kalimantan, dan juga pulau lainnya juga terdapat macam-macam suku dengan kebudayaannya.

Kegiatan LKMSM (Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Siswa Muslim) pada bulan Ramadhan sangat meriah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Siswa-siswi Kota Depok yang diadakan di sekolah SMAN 1 Depok. Dan yang dibimbing oleh Mahasiswa Gunadarma Depok.Semua Siswa-siswi yang mengikuti kegiatan tersebut sangat semangat apalagi para Panitia dan Pembimbing sudah menyiapkan Hadiah dan Sertifikat untuk Siswa yang berprestasi saat mengikuti acara.Kegiatan LKMSM ( Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Siswa Muslim ) pada bulan Ramadhan sangat meriah adalah kalimat utamanya.

INDUKTIF

Selain kaya akan budaya, Indonesia juga memiliki lahan pertanian yang subur yang banyak menghasikkan rempah-rempah, bahan pangan, bahkan juga buah-buahan. Dari segi barang tambang, Indonesia juga sangat potensial, terbukti Indonesia salah satu Negara di Asia yang meng ekspor minyak bumi, batu bara, dan barang tambang lainnya. Maka tidak salah kalau dikatakan Indonesia adalah Negara yang kaya.

Panas atau demam yang tinggi selama beberapa hari dapat dicurigai sebagai demam berdarah. Seseorang yang menderita demam berdarah juga mengalami pendarahan dari lubang hidung atau mimisan. Selain itu, muncul bintik-bintik merah pada tubuh. Semua gejala tersebut hendaknya diperhatikan sehingga jika terjadi gejala-gejala tersebut, penderita bisa ditolong dan ditangani dokter.



Cari dan temukan paragraf atau wacana campuran :
deskripsi, narasi, argumentasi, baik yang deduktif maupun yang induktif !



Wacana Deskripsi

Eubakteria (atau yang lebih dikenal dengan bakteri) adalah makhluk hidup yang berukuran sangat kecil. Bakteri biasanya berukuran 0,1-10 μm (mikrometer). Bakteri mampu hidup dalam berbagai media bakik daratan maupun dalam air.
Struktur tubuh yang selalu ada pada setiap bakteri antara lain materi genetik, ribosom, plasma sel, dinding sel, membran sel, dan cadangan makanan.Materi genetiknya yaitu DNA/ADN dan RNA/ARN.
Bakteri memiliki dinding sel yang berfungsi memberikan bentuk kaku pada tubuh bakteri. Pada permukaan diding sel, terdapat membrane. Membran ini bersifat permeable terhadap sebagian glukosa, asam amino, dan gliserol.
Selain struktur yang sudah ada, beberapa bakteri memiliki struktur tambahan, misalnya flagel pada Salmonella typhosa, Membran fotosintesis pada bakteri berklorofil dan Bacteriopurpurin, serta pilus yang digunakan saat konjugasi pada bakteri Escherichia coli.
Kapsul dan lapisan lendir merupakan struktur tambahan pada bakteri. Kapsul memiliki struktur yang lebih tebal dan padat dibandingkan lapisan lender. Kapsul dan lendir ini umumnya memiliki permukaan yang licin. Kapsul dan lender berfungsi untuk melindungi bakteri.



Wacana Narasi

Kegiatan disekolahku demikian padatnya. Setiap hari, aku masuk pukul 07.00. Agar tidak terlambat, aku selalu bangun pukul 04.30. Setelah mandi, akupun shalat subuh. Kemudian, aku segera mengenakan seragam sekolah. Tak lupa aku lihat-lihat lagi buku yang harus aku bawa. Yah, sekedar mengecek apakah buku-buku yang aku bawa sudah sesuai dengan jadwal pelajaran hari itu. 
Selanjutnya, aku makan pagi. Lalu, kira-kira pukul 06.00, aku berangkat ke sekolah. Seperti biasanya, aku ke sekolah naik angkutan umum. Jarak rumah dengan sekolahku tidak jauh, sekitar enam kilometer. Aku memang membiasakan berangkat pagi-pagi. Maklum, angkutan kota sering berhenti lama untuk mencari penumpang. Jika aku berangkat agak siang, wah, bisa terlambat sampai di sekolah. 

Di sekolah, aku belajar selama kurang lebih enam jam. Jam pelajaran berakhir pukul 12.45. Itu untuk hari-hari biasa. Hari Rabu, aku pulang pukul 14.30, karena mengikuti kegiatan ekstrakulikuler dulu. Khusus hari Jum’at, aku bisa pulang lebih awal, yaitu pukul 11.00.


Wacana Argumentasi

Meyetop bola dengan dada dan kaki dapat ia lakukan secara sempurna. Tembakan kaki kanan dan kiri tepat arahnya dan keras. Sundulan kepalanya sering memperdayakan kiper lawan. Bola seolah-olah menurut kehendaknya. Larinya cepat bagaikan kijang. Lawan sukar mengambil bola dari kakinya. Operan bolanya tepat dan terarah. Amin benar-benar pemain jempolan.

Sumber :






No comments:

Post a Comment